Cara Membuat Blog Gratis dan Mudah Di Wordpress

HAHIHUHEHO IS BACK - Halo semua, apa kabar? Lama juga blog ini gak update yah hehe. Authornya sibuk mulu wkwk. Oh iya, kali ini saya akan berbagi ilmu tentang Cara Membuat Blog Gratis Di Wordpress.

Apa itu Wordpress? WordPress adalah sebuah aplikasi sumber terbuka (open source) yang sangat populer digunakan sebagai mesin blog (blog engine). 
(Sumber : Wikipedia)

Langsung saja kita menuju ke topik pembicaraan. Buat yang belum tau apa itu blog, akan saya jelaskan pengertian dari blog tersebut.

Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.
(Sumber : Wikipedia)

Nah, buat yang belum tau cara buat blog, maka akan saya urai cara termudah membuat sebuah blog dan tentunya GRATIS.

Kira-kira seperti inilah tampilan sebuah blog yang masih baru.





Blog tersebut adalah blog baru saya, ya untuk sekedar nulis-nulis aja sih. Kalian bisa melihatnya di http://hamamkautsari.wordpress.com

Ayo mulai buat blognya!

Oh iya sebelum membuat Blog Gratis Di Wordpress ini, sebenarnya ada juga cara membuat blog yang tak kalah mudah dengan Wordpress, yaitu di Blogger.com 

Kali aja ada yang minat membuat blog di Blogger.com, saya juga punya cara-caranya. Bisa dilihat disini >> Cara Membuat Blog Dengan Sangat Muda Di Blogger

Contoh dari Blog yang dibuat di blogger.com adalah blog saya ini, bagus engga? hehe

Langsung ah, gausah basa-basi lagi. Ini dia Cara Buat Blog Di Wordpress. 

1. Masuk ke alamat Wordpress.com, kira-kira tampilannya seperti ini.


Buat Blog Gratis Mudah Di Wordpress


2. Klik Create Website dan kita akan masuk ke suatu halaman. Kira-kira seperti ini halamannya.

Buat Blog Gratis Mudah Di Wordpress 2


3. Nah, masukkan deh nama alamat blog yang kalian inginkan. Contoh :

Buat Blog Gratis Mudah Di Wordpress 3

4. Oh iya, jika ada tulisan seperti gambar di bawah ini, artinya nama tersebut sudah ada yang memakai, ganti dengan nama yang lain sampai "Create Your Site and Continue"-nya bisa di klik seperti gambar di atas. 

Buat Blog Gratis Mudah Di Wordpress 4

5. Klik "Create Your Site and Continue"
6. Kalian akan masuk ke suatu halaman, yang kira-kira seperti gambar di bawah ini.

Buat Blog Gratis Mudah Di Wordpress 5

Keterangan : 

- Semua kolom wajib diisi.
- Pada kolom yang saya tandai dengan angka 1, itu adalah alamat blog yang anda buat sebelumnya.
- Pada kolom yang saya tandai dengan angka 2, itu adalah kolom e-mail. Isi dengan e-mail yang belum pernah didaftarkan di Wordpress. 
- Pada kolom yang saya tandai dengan angka 3, itu adalam kolom username. Isi username dengan nama sesuka hati anda. Inget! Tanpa Spasi!
- Pada kolom yang saya tandai dengan angka 4, itu adalah kolom password. Isi sesuka hati kalian.
- Pada tombol yang saya tandai dengan angka 5, itu adalah tombol untuk melanjutkan ke langkah selanjutnya. Tapi perlu diingat! Setiap kolom harus ada tanda ceklis (seperti yang saya lingkari) untuk bisa lanjut ke langkah berikutnya.

7. Masih pada halaman tadi, klik Next Step.
8. Nanti kalian akan masuk ke suatu halaman, kira-kira seperti gambar di bawah ini.

Buat Blog Gratis Mudah Di Wordpress 6

9. Paham dengan gambar di atas? semoga tidak, agar aku bisa menjelaskannya hehe. Inti dari kata GRATIS itu ada pada gambar di atas. Anda bisa saja membayar pada Wordpress itu sendiri agar nama alamat blog anda tidak ada embel-embel .wordpress tetapi langsung .com
Misal, kalo anda membayar pada wordpress, maka nama blog anda adalah muhammadhamamkautsari.com tetapi jika gratis maka akan menjadi muhammadhamamkautsari.wordpress.com, tahu perbedaannya kan? Semoga paham hehe.

10. Nah karena di sini saya fokusnya pada yang gratis, maka klik No Thanks (lihat gambar di atas dan tulisan yang dilingkari) jika anda mau yang berbayar ya monggoh, tapi ikuti sendiri langkah-langkah berikutnya karena saya fokus pada yang GRATIS.

11. Kemudia pilih Tema blog kalian, klik salah satu dari beberapa yang disediakan Wordpress. Lihat gambar di bawah.

Buat Blog Gratis Mudah Di Wordpress 7

12. Nah, nanti kalian akan masuk ke halaman seperti gambar di bawah ini. Klik "Select Free" seperti yang sudah saya kasih tanda panah. Kenapa pilih yang Free? Ya karena kita fokusnya sama yang gratisan hehe

Buat Blog Gratis Mudah Di Wordpress 8

13. Tinggal Finishing nih, klik pada Re-send your activation email atau Klik Change the email address on your account untuk mengubah alamat email anda.

Buat Blog Gratis Mudah Di Wordpress 9

14. Nah, sekarang cek inbox e-mail anda untuk verifikasi akun Wordpress kalian. Dapet inbox dari Wordpress kan? Nah buka aja, terus klik link verifikasinya. Semoga kalian ngerti maksud saya.

15. Nah, sekarang blog sudah jadi. Kalo mau buka tinggal buka aja. Misal, ketik hamamkautsari.wordpress.com 

16. Terakhir nih, kalo mau nulis artikel atau nulis apapun di Blog, bisa klik tombol pensil. Lihat gambar di bawah.

Buat Blog Gratis Mudah Di Wordpress 10

17. SELESAI!


Happy Blogging Friends

Semoga bermanfaat, Bye ;)
loading...
Load disqus comments

0 komentar